Sejarah Dunia

Berbagi Informasi Sejarah Dunia

Daftar Yahoo Buat Akun Email Gratis Indonesia
Daftar Yahoo Buat Akun Email Gratis Indonesia

Nenek Moyang Bangsa Indonesia

Asal mula nenek moyang Bangsa Indonesia - Sejak zaman prasejarah sudah terjadi perpindahan penduduk/ migrasi. Menurut Kern dan Heine Geldern sejak zaman batu terutama zaman neolithikum hingga zaman perunggu teleh terjadi migrasi besar dari daratan Asia ke berbagai kepulauan di selatan (Austronesia).
Perpindahan tersebut berasal dari Yunan di lembah Sungai Mekong (Cina) dan lembah Salwen (India). Dari daerah inilah nenek moyang bangsa Indonesia dapat dibedakan menjadi 2 gelombang.
Berdasarkan penelitian para ahli purbakala, nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan (Cina). Mereka datang ke Indonesia dalam dua kelompok besar, yaitu bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu.
  1. Bangsa Proto Melayu (Melayu tua)
    Bangsa Melayu tua adalah rumpun bangsa Austronesia yang datang sekitar tahun 2000 SM, dengan melalui dua jalur:
  • Jalur utara dan timur melalui Teluk Tonkin, Taiwan/Formosa, Filipina, Sulawesi, dan Maluku dengan membawa kapak lonjong.
  • Jalur Barat dan selatan dengan melalui Malaka, Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Kedatangan bangsa Melayu Tua dengan membawa kebudayaan kapak persegi
  1. Bangsa Melayu Muda atau Deutro Melayu 
    Bangsa Melayu Muda atau Deutro Melayu datang ke Indonesia sekitar tahun 500 SM melalui jalur Barat yaitu teluk Tonkin, Vietnam, Thailand, Semenanjung Malaka, Sumatera, dan Jawa. Mereka datang membawa kebudayaan perunggu/dongson dan besi serta kebudayaan batu besar. Suku bangsa yang merupakan keturunan bangsa Deutro Melayu adalah suku bangsa Jawa, Bali, Madura, dan Banjar.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Nenek Moyang Bangsa Indonesia"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top